| 
Pertemuan
  ke- | 
Kompetensi
  dasar | 
Tujuan | 
Indikator | 
Materi
  pokok | 
Metode
  Pembelajaran | 
Alokasi
  waktu (JPL) | 
Sumber
  Belajar | 
Evaluasi | 
| 
1 | 
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
   | 
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa  Indonesia | 
1.
  Menjelaskan tentang hakikat 
  bahasa 
2. Menjelaskan tentang Sifat –
  sifat bahasa | 
Hakikat  bahasa | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
2 | 
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa  Indonesia | 
3.
  Menjelaskan fungsi bahasa
  Indonesia 
4.
   Menjelaskan
  fungsi  bahasa  nasional,
  & pemerolehan bahasa. | 
Fungsi bahasa | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
3 | 
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa
  Indonesia | 
1.      Menjelaskan
  Ragam Bahasa
  Indonesia 
2.     
  Menjelaskan Bahasa  baku  dan  bahasa
  tidak baku. | 
Ragam bahasa | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
4 | 
Memaham tataran fonologi bahasa Indonesia  | 
Mahasiswa mampu memahami tentang
  fonologi bahasa Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang Fonologi | 
Fonologi | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
5 | 
Memaham tataran morfologi
  bahasa Indonesia  | 
Mahasiswa mampu memahami
  tentang tataran morfologi bahasa
  Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang Morfologi | 
Morfolo 
gi | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
6 | 
Memaham tataran sintaksis bahasa Indonesia  | 
Mahasiswa mampu memahami tentang tataran
  sintaksis bahasa Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang Sintaksis | 
Sintaksis  | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
7 | 
UTS | 
Materi
  sebelum UTS | 
Tes tertulis
  dan penugasan | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Tugas dan
  makalah | ||
| 
8 | 
Memahami tataran semantik bahasa
  Indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami
  tentang tataran semantik bahasa
  Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang semantik | 
Seman 
Tik | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
9 | 
Memahami tataran wacana bahasa Indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami tentang tataran wacana
  bahasa Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang wacana | 
Wacana | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
  Pustaka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
10 | 
Memahami sejarah
  sastra indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami
  tentang sejarah sastra indonesia | 
Menjelaskan
  tentang hakikat sastra
  dan periodisasi sastra
  Indonesia | 
Hakikat sastra | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Sastra
  Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  Press | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
11 | 
Memahami jenis sastra Indonesia | 
Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis sastra Indonesia | 
Menjelaskan
  tentang jenis- jenis
  sastra Indonesia, bentuk–bentuk sastra Indonesia. | 
jenis sastra Indonesia | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Sastra
  Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  Press | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
12 | 
Memahami bahasa
  dan
  sastra anak | 
Mahasiswa mampu memahami tentang bahasa
  dan
  sastra anak | 
Menjelaskan
  tentang hakikat sastra
  anak, macam-
  macam sastra anak, dan bentuk- bentuk sastra anak. | 
Hakikat sastra
  anak | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Sastra
  Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  Press | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
13 | 
Memahami sastra anak
  sekolah dasar | 
Mahasiswa mampu memahami
  penyusunan sastra anak sekolah dasar | 
Menjelaskan
  tentang penyusunan sastra anak sekolah dasar | 
sastra anak
  SD | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Sastra
  Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  Press | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
14 | 
UAS | 
Materi
  sebelum UAS | 
Tes tertulis
  dan penugasan | 
2 x 50 | 
Sastra
  Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  Press | 
Tugas dan
  makalah | ||
bit.ly/lagubyyoups bit.ly/blogbyyoups https://bit.ly/scholarbayups https://bit.ly/sintabayu bit.ly/facebookbyyoups
Wednesday, September 7, 2016
silabus konsep bahasa indonesia SD
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
 
No comments:
Post a Comment