Pertemuan
ke-
|
Kompetensi
dasar
|
Tujuan
|
Indikator
|
Materi
pokok
|
Metode
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu (JPL)
|
Sumber
Belajar
|
Evaluasi
|
1
|
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
|
1.
Menjelaskan tentang hakikat
bahasa
2. Menjelaskan tentang Sifat –
sifat bahasa
|
Hakikat bahasa
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
2
|
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
|
3.
Menjelaskan fungsi bahasa
Indonesia
4.
Menjelaskan
fungsi bahasa nasional,
& pemerolehan bahasa.
|
Fungsi bahasa
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
3
|
Memahami dasar-dasar bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa
Indonesia
|
1. Menjelaskan
Ragam Bahasa
Indonesia
2.
Menjelaskan Bahasa baku dan bahasa
tidak baku.
|
Ragam bahasa
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
4
|
Memaham tataran fonologi bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami tentang
fonologi bahasa Indonesia
|
Menjelaskan
tentang Fonologi
|
Fonologi
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
5
|
Memaham tataran morfologi
bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami
tentang tataran morfologi bahasa
Indonesia
|
Menjelaskan
tentang Morfologi
|
Morfolo
gi
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
6
|
Memaham tataran sintaksis bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami tentang tataran
sintaksis bahasa Indonesia
|
Menjelaskan
tentang Sintaksis
|
Sintaksis
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
7
|
UTS
|
Materi
sebelum UTS
|
Tes tertulis
dan penugasan
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Tugas dan
makalah
|
||
8
|
Memahami tataran semantik bahasa
Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami
tentang tataran semantik bahasa
Indonesia
|
Menjelaskan
tentang semantik
|
Seman
Tik
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
9
|
Memahami tataran wacana bahasa Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami tentang tataran wacana
bahasa Indonesia
|
Menjelaskan
tentang wacana
|
Wacana
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
10
|
Memahami sejarah
sastra indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami
tentang sejarah sastra indonesia
|
Menjelaskan
tentang hakikat sastra
dan periodisasi sastra
Indonesia
|
Hakikat sastra
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
11
|
Memahami jenis sastra Indonesia
|
Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis sastra Indonesia
|
Menjelaskan
tentang jenis- jenis
sastra Indonesia, bentuk–bentuk sastra Indonesia.
|
jenis sastra Indonesia
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
12
|
Memahami bahasa
dan
sastra anak
|
Mahasiswa mampu memahami tentang bahasa
dan
sastra anak
|
Menjelaskan
tentang hakikat sastra
anak, macam-
macam sastra anak, dan bentuk- bentuk sastra anak.
|
Hakikat sastra
anak
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
13
|
Memahami sastra anak
sekolah dasar
|
Mahasiswa mampu memahami
penyusunan sastra anak sekolah dasar
|
Menjelaskan
tentang penyusunan sastra anak sekolah dasar
|
sastra anak
SD
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
14
|
UAS
|
Materi
sebelum UAS
|
Tes tertulis
dan penugasan
|
2 x 50
|
Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press
|
Tugas dan
makalah
|
bit.ly/facebookbayups bit.ly/blogspotbayups bit.ly/scholarbayups bit.ly/youtubebayups
Wednesday, September 7, 2016
silabus konsep bahasa indonesia SD
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment