Thursday, November 23, 2017

Penjelasan Microsoft SWAY

Sway  

 Sway merupakan terobosan baru dari Microsoft yang mulai rilis sekitar tahun 2014. Sway bukanlah software yang harus diinstal pada PC atau Laptop tetapi merupakan aplikasi yang berbasis web. Aplikasi gratis ini  membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, dan presentasi kita di kanvas interaktif berbasis web yang terlihat menarik hampir di layar apa pun. Kita bisa membuat Sway baru dengan mudah dengan menambahkan teks, gambar, dokumen, video, bagan, atau tipe konten lain, dan Sway akan membuatnya terlihat bagus hanya dengan beberapa langkah mudah.
Sehingga bisa dikatakan aplikasi Sway ini sangat cocok untuk pebisnis, pelajar dan mahasiswa yang akan membuat laporan, resume, presentasi, serta guru untuk membuat materi pelajaran agar lebih menyenangkan.
Sway berbasis web, sehingga ketika kita menggunakannya atau menampilkannya harus terhubung dengan internet secara online. keuntungannya, kita tidak perlu menginstal, tidak perlu takut data akan hilang karena laptop rusak karena datanya akan tersimpan pada server sway.com

Lantas, apa bedanya dengan powerpoint? Bukankah powerpoint juga ada yang online?

Nah, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai perbedaan sway dengan powerpoint
  1. Sway Tersedia di Sway.com dan Windows 10. Artinya sway bisa diakses disembarang browser. Mozilla, Chrome, explorer, opera mini, dan sebagainya.
  2. Document Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, Powepoint tersimpan di Komputer local atau OneDrive.
  3. Power point hanya bisa mengambil data dari lokal (misal gambar) sedangkan sway bisa mengambil resource dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet dan komponen web lain yang berbasis iframe.
  4. Tampilan Sway bersifat Responsive. Artinya tampilannya akan menyesuaikan dnegan ukuran layar pengakses. Jika diakses di Smartphone desainnya juga akan mengikuti smartphone. Ini sangat berberbeda dengan Microsoft Power point.
  5. Sejauh ini, document sway tidak bisa didownload berbeda dengan Power point yang bentuknya file.
  6. Sway didesain untuk presentasi yang bersifat interaktif dari sisi kontentnya, sedangkan Powerpoiint interaktif dari sisi transisi slidenya.
  7. Sway bisa mengimport PDF, Powerpoint atau doc. Artinya jika anda ingin mengkonversi powerpoint anda kesway, anda cukup upload dan powerpoint anda langsung jadi sway.
  8. Sway bersifat Gratis (sejauh ini) sedangkan Powerpoint berbayar (versi desktop).
  9. Dokumen sway bisa dishare ke jejarig sosial atau di sematkan di Blog.
  10. Sway memungkinkan dibuat dengan cara kolaborasi. Artinya 2 orang atau lebih mengedit dokumen yang sama secara bersamaan.

Bagaimana Memulainya?

Untuk menggunakan Sway, masuk di http://www.sway.com dengan akun Microsoft Anda. Jika Anda belum memiliki akun, kunjungi http://www.microsoft.com/account untuk mendaftar secara gratis.

Tutorial Membuat Presentasi di SWAY

Nah, setelah mendapatkan akun microsoft kita sekarang sudah bisa langsung berkreasi. Silakan menyaksikan tayangan video berikut sesuai dengan temanya masing-masing.

Bercerita “dengan Cara Sway” 

Jelajahi alur kerja Sway, termasuk Jalan Cerita, Pratinjau, dan menampilkan Sway final. Video ini juga membahas fitur Remix — cara yang mudah dan menyenangkan untuk mencoba desain yang benar-benar baru. 


Membuat tutorial di Sway 

Menginginkan cara yang interaktif, modern, dan memikat untuk menjelaskan atau mengajarkan sesuatu kepada orang lain? Video ini memperlihatkan cara untuk melakukannya dengan menggunakan Sway. 

Berbagi liburan di Sway 

Pelajari cara menggunakan Sway untuk mengimpor serta menata foto dan video Anda untuk bercerita tentang liburan Anda — atau cerita pribadi lain yang Anda ingin sampaikan. 

Membuat buletin di Sway 

Menulis buletin atau brosur, dan berencana mendistribusikannya secara online? Video ini memperlihatkan cara untuk membuat buletin yang indah dan memikat menggunakan Sway. 

Menyusun presentasi di Sway (Bagian 1

Perlu menyampaikan presentasi yang memikat dan modern? Video pertama dari dua video ini memperlihatkan bagaimana Sway dapat membantu menyampaikan pesan Anda dengan cara yang tepat. 


Menyusun presentasi di Sway (Bagian 2) 

Video kedua dari dua video ini memperlihatkan cara menggunakan fitur Sway seperti grup, kisi, keterangan, dan titik fokus untuk membuat presentasi yang hebat menjadi lebih baik lagi. 

Berbagi Sway 

Bila tiba waktunya untuk berbagi kreasi Anda dengan orang lain, Sway menawarkan sejumlah cara untuk berbagi cerita Anda dengan audiens yang tepat. Pelajari tentang privasi dan opsi tersemat Anda dalam video ini. 

Berkolaborasi pada sebuah Sway 

Ingin bekerja bersama dengan orang lain untuk membuat Sway? Video ini membahas tentang bekerja bersama beberapa penulis dan berhubungan melalui Skype untuk berkolaborasi secara real time. 

Tips profesional untuk menggunakan Sway 

Ingin membuat Sway yang lebih kaya lagi? Video ini membahas cara mengontrol gambar, tumpukan, perbandingan, dan konten tersemat seperti peta, file, dan dokumen Microsoft Office. 
Demikian informasi dan tutorial mengenai SWAY, Semoga bermanfaat!
Referensi: https://support.office.com

Penjelasan Microsoft Office InfoPath

Microsoft Office InfoPath



 
Microsoft Office InfoPath adalah aplikasi perangkat lunak untuk merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur. Menurut salah satu penemunya, keputusan desain arsitektur adalah kunci "untuk mematuhi paradigma XML memisahkan data dalam dokumen dari format." [1] Dengan demikian produk fitur bentuk WYSIWYG desain kawasan di mana berbagai kontrol ( dropdown, kotak teks, dll) terikat untuk bidang data diwakili secara terpisah sebagai tampilan struktur pohon hirarkis folder dan bidang data. Sebuah paten diajukan pada tahun 2000 oleh Adriana Neagu, Jean Paoli dan lain-lain menggambarkan teknologi sebagai [2] "authoring XML menggunakan pandangan DHTML dan XSLT."

Microsoft awalnya dirilis InfoPath sebagai bagian dari Microsoft Office 2003 keluarga. Di musim panas 2010, Microsoft merilis versi baru yang dibagi menjadi dua aplikasi InfoPath: InfoPath Designer 2010 adalah digunakan untuk membuat bentuk-bentuk dan menentukan struktur data, dan InfoPath Filler 2010 adalah digunakan untuk mengisi dan mengirimkan formulir.
Isi

    1 Pengembangan
    2 Fitur
    3 Penggunaan
    4 Integrasi dengan SharePoint
    5 Versi
    6 Referensi
    7 Pranala luar

Pengembangan

InfoPath sebagai produk Microsoft Office fitur yang berbeda-skenario penggunaan dari aplikasi Office lainnya, seperti Word dan Excel. Untuk menggunakan InfoPath untuk mengisi formulir, pengguna harus memiliki desainer mengembangkan template InfoPath pertama.

Semua data yang disimpan dalam bentuk InfoPath disimpan dalam format XML, yang disebut sebagai "sumber data".

InfoPath menyediakan beberapa kontrol (misalnya Textbox, Radio Button, Checkbox, dll) untuk menyajikan data dalam sumber data untuk pengguna akhir. Untuk tabel data dan sumber data sekunder, "Mengulangi Tabel" dan kontrol mengulangi lainnya diperkenalkan. Untuk masing-masing kontrol, tindakan (disebut "aturan") dapat terikat masuk Aturan mendefinisikan tindakan tertentu yang akan dilakukan di bawah kondisi tertentu. Sebagai contoh, aturan sederhana bisa: "Set kolom 'Jumlah' untuk 100 ketika nomor di 'field1' lapangan perubahan".

Tindakan yang lebih kompleks dapat dikembangkan melalui "validasi data". (Data validasi juga dapat dilakukan dengan pemrograman VBA di dalam dokumen Microsoft Word atau Excel spreadsheet.)
Fitur

    Aturan menerapkan tindakan tertentu ketika dipicu oleh klik tombol atau nilai-nilai perubahan dalam bentuk. Mereka dapat mengubah nilai-nilai dari bidang dalam sumber data, tunduk dan query database, pesan tampilan, terbuka dan bentuk dekat, dan beralih ke pandangan yang berbeda dari bentuk.
    Validasi Data tes apakah masukan ke bidang valid, dengan membandingkan masukan untuk pola, memeriksa apakah itu adalah jenis data yang benar (misalnya, String atau Integer), dan disesuaikan dengan cara lainnya.
    Conditional Formatting dapat digunakan untuk mengubah tampilan atau visibilitas obyek berdasarkan nilai-nilai dalam bentuk.
    InfoPath memiliki Kontrol ActiveX yang berbeda, yang semuanya memiliki nilai terikat ke lapangan dalam sumber data form. Kontrol umum termasuk kotak daftar, tombol radio, kotak teks, tombol, dan memeriksa kotak. Jalur Info juga menggunakan kontrol seperti nilai dihitung, yang menampilkan hasil dari ekspresi XPath, dan bagian, yang merupakan wadah untuk kontrol lainnya. InfoPath juga mencakup bidang mengulangi dan bagian, yang dapat menyimpan nilai-nilai yang berbeda.
    Ekspresi XPath dan Fungsi dapat digunakan untuk menghitung nilai-nilai dengan menerapkan fungsi dengan nilai bidang dalam bentuk, seperti "concat (string (field1 + field2)," #, ", field3)" (gabungan dari jumlah dua bidang, string "#,", dan nilai dari bidang lain). Fungsi XPath untuk manipulasi string, operasi matematika sederhana, dan operasi lainnya termasuk dalam InfoPath. Selain itu, data dapat disaring (pilih nilai individu dari bidang berulang atau database).
    InfoPath mendukung Koneksi ke External datasources. SQL, Microsoft Access, dan database SharePoint dapat dihubungkan ke dan disampaikan dalam bentuk. Karena pengalaman pengguna yang unggul InfoPath dan kemudahan entri data, sering lebih baik untuk memanipulasi database melalui itu.
    JScript, Visual Basic, C #, dan bahasa lainnya dapat digunakan untuk memperluas kemampuan InfoPath dengan menambahkan taskpanes HTML kustom, iterasi melalui data, dengan menggunakan Active Directory, dan umumnya menyelesaikan tugas-tugas yang tidak mungkin dalam lingkungan desain InfoPath.
    SharePoint integrasi (lihat Integrasi dengan SharePoint).
    Peran Pengguna dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman pengguna dengan mengubah pandangan dan menggunakan format kondisional berdasarkan identitas pengguna.
    Format InfoPath kemampuan dan user interface yang mirip dengan Microsoft Word 2003 dan 2010, tergantung pada versi.

Pemakaian

InfoPath digunakan untuk menciptakan bentuk-bentuk untuk menangkap informasi dan menyimpan isi sebagai file pada PC atau pada web server ketika host di SharePoint. InfoPath dapat digunakan untuk mengakses dan menampilkan data dari sumber berbeda (layanan web, XML, database, bentuk-bentuk lainnya) dan memiliki perilaku interaktif yang kaya berdasarkan Aturan, coditions dan Tindakan. Formulir dapat dilihat dalam aplikasi dapat menggunakan InfoPath Filler atau dalam Browser Web saat formulir tersebut dipublikasikan ke SharePoint. Formulir InfoPath memerlukan klien untuk memiliki Filler InfoPath atau Designer InfoPath diinstal, atau dengan melihat formulir di browser ketika host di SharePoint. InfoPath sebagian besar digunakan dalam bisnis daripada penggunaan oleh individu karena setiap pengguna harus memiliki salinan lisensi InfoPath untuk melihat bentuk atau perlu host di SharePoint yang mahal. Bentuk InfoPath dapat dilihat pada perangkat mobile jika dilihat dari browser (host di SharePoint) atau dengan menggunakan produk pihak ketiga seperti Formotus.

Untuk menjalankan sebagai Formulir Web Browser file tersebut perlu di-upload ke server yang menjalankan Forms InfoPath Jasa. Keuntungan dari hal ini adalah klien tidak perlu InfoPath, hanya Browser Web. Formulir ini kemudian dapat dibentuk untuk menjadi e-mail pada saat selesai atau bidang itu dapat ditambahkan langsung ke daftar SharePoint.
Integrasi dengan SharePoint

Penggunaan yang paling umum dari InfoPath adalah untuk mengintegrasikan dengan teknologi SharePoint Microsoft menggunakan Formulir Layanan InfoPath (termasuk dalam versi komersial perusahaan dari MOSS) atau sebagai produk Microsoft Office Forms terpisah Server 2007. Sebuah browser-enabled InfoPath bentuk host pada instalasi SharePoint diterjemahkan sebagai halaman HTML dengan client-side script dan posting kembali perilaku seperti itu dari halaman ASP.NET.

Dalam SharePoint, sebuah "Formulir Perpustakaan" adalah dokumen perpustakaan memiliki template InfoPath sebagai jenis dokumen yang ditunjuk. Bidang InfoPath dapat dipromosikan saat penerbitan ke SharePoint sehingga mereka dapat dibaca dan ditampilkan sebagai data "Kolom" di View perpustakaan. Seperti dokumen SharePoint lainnya, bentuk InfoPath dapat memiliki alur kerja yang terkait dengan mereka yang dapat mengakses bidang dipromosikan.

Penjelasan Microsoft Office OneNote

Microsoft Office OneNote

a.      Penjelasan
            Mungkin anda sering mendengar tentang Microsoft OneNote. Jika komputer/laptop anda saat ini menggunakan Microsoft Office 2007 atau 2010 maka anda akan menjumpai Microsoft OneNote, karena mulai dari Office 2007 Microsoft menyertakan OneNote didalam keluarga Microsoft Office. Masalahnya adalah banyak orang tidak mengerti apa itu OneNote dan cara menggunakannya, sehingga akhirnya OneNote hanya “dicuekin” saja. Padahal aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat powerfull.
            Nama lengkapnya adalah Microsoft Office OneNote 2007. OneNote merupakan versi elektronik dari sebuah notebook (buku catatan). OneNote sangat cocok untuk keperluan pencatatan (note taking), berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata (word processing).
            OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik. Kita dapat menuliskan catatan, pemikiran, ide, coretan, pengingat, dan semua jenis informasi lainnya dalam OneNote.
            OneNote adalah tempat untuk mengumpulkan, mengorganisir, mencari, dan berbagi catatan, kliping, pikiran, materi referensi, dan informasi lainnya. OneNote memungkinkan kita menambah, memindahkan, dan menghapus apa saja pada halaman dan di bagian tersebut. Kita dapat menambahkan spasi lebih di mana dan kapan kita memerlukannya. Kita juga dapat menambahkan gambar, attach file, audio video recorder, drawing dan shapes. Oleh karena itu, OneNote merupakan media mencatat yang sangat powerfull karena kita bisa mencatat tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara bahkan video.


b.      Fitur-fitur
Beberapa Fitur dari MS OneNote 2007:
1.      Pengelompokan dengan tab dan halaman
Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab yang disebut section. Setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman  yang mempermudah kita melakukan pengorganisasian semua catatan sehingga dapat dengan mudah kita cari.
2.      Setiap halaman bisa terdiri dari banyak catatan
Tidak seperti program pengolah kata yang kaku, kita bisa menuliskan banyak catatan di halaman OneNote di manapun letaknya, bisa di tengah atau di tepi halaman dan tanpa takut kehabisan halaman. Kita tinggal klik di mana saja kita ingin menuliskan catatan. Catatan juga bisa digeser kemana saja kita mau.
3.       Terdapat fasilitas insert
Dengan fasilitas insert, kita bisa menyisipkan gambar, video, audio, dan file jenis lainnya.
4.      Terdapat fasilitas rekaman
Dengan OneNote, kita dimudahkan untuk melihat kembali kejadian saat kita mendapat informasi baik berupa suara maupun video. Kita juga bisa membukanya lagi saat kita butuhkan.
5.      Ada fasilitas Screen Capture
Fasilitas ini berupa icon dengan tulisan clip, dimana kita dapat memotrer layar yang sedang tampil di monitor dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu dan kemudian dapat menjadikannya format gambar (.png).
6.      Ada fasilitas Tag-To-Do
Ini adalah sebuah checkbox (kotak cek) di depan tulisan yang mana jika kita telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, kita bisa memberikan tanda centang pada checkbox tersebut. Ada sekitar 30 Insert Tag yang lain seperti Insert Tag idea (dengan gambar lampu), Insert Tag Highlight, dan lain sebagainya.
7.      Semua catatan ada di satu tempat
Semua catatan yang ada di OneNote ada di satu tempat sehingga kita dengan mudah menemukannya dan tidak tercecer. Berbeda dengan MS Word yang menyimpan catatan dalam satu file, sehingga semakin banyak catatan akan semakin banyak file dan menyulitkan untuk menemukan file yang telah kita buat.
8.      Dapat membuat catatan bersama dan disharing
Dengan OneNote kita bisa bekerja sama dalam membuat sebuah catatan. Maksudnya adalah beberapa orang dapat mengerjakan catatan dan mengedit bersama-sama secara real time. Untuk itu harus ada sebuah komputer yang menjadi server dan yang lain tinggal gabung.
9.      Tidak perlu save
Semua yang kita tuliskan dalam catatan secara otomatis akan disave oleh OneNote. Kita tidak perlu khawatir dengan catatan apakah telah disimpan atau belum.
c.       Cara Penggunaan
1.      Mengenal Microsoft OneNote
Langkah-langkah mengaktifkan OneNote 2007
1.      Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft OneNote 2007
2.      Double klik shortcut OneNote 2007 yang ada di desktop
 
Tampilan pada MS.Office OneNote

2.      Memulai Microsoft OneNote 2007
Setelah kita mengaktifkan Microsoft OneNote 2007, langkah yang digunakan untuk memulai pengoperasian OneNote adalah sebagai berikut :
1.      Sebelum kita membuat notebook baru di OneNote, akan lebih baik jika kita menutup terlebih dahulu Notebook yang sudah ada sebelumnya dengan mengklik kanan mouse pilih close this notebook, kemudian pilihlah menu File – New – Notebook
2.      Pada tampilan diatas tuliskan judul atau nama Notebook pada kolom Name dan tentukan Template yang akan kita gunakan, kemudian klik Next
3.      Klik pilihan I will use it on this computer, kemudian klik next. akan tampil gambar seperti dibawah ini
4.      Pada tampilan diatas kita diminta untuk menentukan lokasi penyimpanan file yang kita kehendaki dengan mengklik Browse kemudian mulai untuk menentukan lokasi filenya
5.      Setelah menentukan lokasi penyimpan file, klik tombol Create dan kita mulai untuk membuat catatan didalam Notebook yang sudah kita buat.         
3.      Membuat Section dan Page dalam Microsoft Onenote 2007
Section didalam Microsoft Onenote 2007 dapat diartikan sebagai bagian bab dalam sebuah buku, sedangkan Page adalah halaman atau bagian isi dari bab yang ada, berikut ini adalah pengoperasian keduanya dalam Microsoft Onenote 2007
Membuat Section baru
1.      Klik Menu File – New - Section
2.      Kemudian ketik judul section yg diinginkan/Klik kanan dibagian section pilih new section 
Mengganti nama Section
Langkah yang digunakan untuk mengganti nama section cukup dengan mengklik kanan bagian dari judul section kemudian pilih Rename kemudian ketik nama yang diinginkan 
4.      Membuat Page baru 
1.      Klik Menu File – New – Page
2.      Kemudian ketik judul page yg diinginkan/Klik kanan dibagian page pilih new page 
Membuat page baru dengan menggunakan template
1.      Klik Menu File – New – Page from template
2.       Kemudian pilih tampilan template yang akan digunakan di bagian sebelah kanan onenote
3.      Ketik judul page yang diinginkan 
5.      Membuat sub Page
1.      Klik Menu File – New – Sub Page
2.      Kemudian ketik judul page yg diinginkan /Klik kanan dibagian page pilih new subpage Setelah tahapan diatas dilakukan mulailah untuk membuat isi dari notebook di OneNote, untuk pengaturan kertas atau tampilan halaman onenote lakukan perintah File – Page setup atau klik kanan bagian page pilih Page Setup.
 
d.      Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Microsoft Office OneOne
Dari sekian banyak software untuk mencatat sesuatu, OneNote memiliki beberapa kelebihan seperti:
·         Terintegrasi dengan Microsoft Office
Kamu bisa memasukkan berbagai dokumen Office lain seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook kedalam OneNote. Kemudian kamu bisa mengkomentari, menambahkan catatan, atau mencorat-coret sesuai keperluan.
·         Bisa Memasukkan Apa Saja Dimana Saja
Kamu bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan.
·         Sinkronisasi dengan SkyDrive
OneNote khususnya di versi Office 2013 sudah otomatis tersinkronisasi dengan SkyDrive. Dengan begitu dokumen kamu akan tersimpan secara online dan bisa diakses dimanapun.
·         Mudah dalam Berkolaborasi dan Berbagi Catatan
Dokumen OneNote (notebooks) bisa dibagikan dengan rekan kerja atau teman melalui menu share yang telah disediakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dan menyelesaikan catatan secara bersama-sama.
Kelemahan Microsoft Office OneNote
            Dari segi fitur dan kemudahan, OneNote hampir tidak memiliki kekurangan. Software ini menjadi software pencatat dengan fitur yang paling lengkap.
            Salah satu kekurangan OneNote adalah harganya yang mahal. Satu aplikasi OneNote dijual dengan harga $69.99 dan menjadi bagian dari paket Microsoft Office dimana paket termurahnya dijual dengan harga $139.99.
            Selain itu OneNote bakal lebih termanfaatkan dengan baik jika pengguna memiliki layar touchscreen atau pen drive. Jika hanya menggunakan mouse, cukup sulit untuk bisa menulis tulisan tangan atau mencorat-coret di OneNote.
e.       Kegunaan
Seperti halnya buku catatan, OneNote bisa kamu gunakan untuk menulis apa saja. Misalnya saja:
·         Menulis To do List
·         Mencatat Ide
·         Membuat Project Plan
·         Mengkomentari Desain
·         Menulis Quick Notes
Kapanpun kamu memerlukan catatan, atau ingin mencatat sesuatu secara digital, kamu bisa melakukannya di OneNote.


f.       Implementasi

            Microsoft Office OneNote adalah salah satu program yang termasuk ke dalam kelompok Microsoft Office. Fungsi utama program komputer ini antara lain sebagai alat untuk mencatat. Kita dapat menuliskan catatan, pemikiran, ide, coretan, pengingat, dan semua jenis informasi lainnya dalam OneNote. OneNote menawarkan kanvas bebas-bentuk di mana bisa mengetik, menulis, atau menggambar catatan dalam bentuk teks, grafik, dan gambar. Oleh karena itu, OneNote merupakan media mencatat yang sangat powerfull karena bisa mencatat tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara bahkan video.
            Aplikasi perkantoran dari Microsoft Office ini bisa diterapkan dalam kegiatan perkantoran, maupun kegiatan sehari-hari, misalnya membuat agenda, daftar kegiatan yang akan dikerjakan, maupun sebagai reminder atau pengingat kegiatan perkantoran yang lainnya.
 Referensi:

Followers