| 
Pertemuan
  ke- | 
Kompetensi
  dasar | 
Tujuan | 
Indikator | 
Materi
  pokok | 
Metode
  Pembelajaran | 
Alokasi
  waktu (JPL) | 
Sumber
  Belajar | 
Evaluasi | 
| 
1 | 
Memahami dasar-dasar
  pendidikan jasmani | 
Mahasiswa
  mampu memahami pengetahuan umum pendidikan jasmani | 
·                   
  Pengertian pendidikan
  jasmani, olahraga, dan kesehatan 
·                   
  Tujuan pendidikan
  jasmani, olahraga, dan kesehatan 
·                   
  Peranan pendidikan
  jasmani, olahraga, dan kesehatan | 
Pendidikan jasmani | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
2 | 
Memahami kebugaran jasmani | 
Mahasiswa
  mampu memahami pengembangan kebugaran jasmani secara umum | 
Pengertian PKJ, tujuan dan manfaat PKJ, pengembangan 
PKJ, serta unsur-unsur PKJ | 
Kebugaran jasmani | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
3 | 
Memahami pengetahuan tentang Senam | 
Mahasiswa mampu memahami
  pengatahuan umum tentang 
Senam | 
Sejarah senam, Jenis-jenis
  senam,dan pengembangan praktik senam | 
Senam | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
4 | 
Memahami unsur permainan
  olahraga | 
Mahasiswa
  mampu memahami unsur permainan
  dan pengembangannya | 
Pengertian dan manfaat permainan, permainan olahraga, permainan bola besar dan permainan bola kecil, serta penyusunan
   permainan  yang
  sesuai  dengan  kelompok
   usia
  siswa SD | 
Permainan
  olahraga | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
5 | 
Memahami pengetahuan
  tentang renang | 
Mahasiswa
  mampu memahami pengetahuan
  umum renang | 
Pengertian renang,
  tujuan dan manfaat renang,
  pengembangan
  renang, serta unsur-unsur
  renang | 
Renang | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
6 | 
Memahami pengetahuan umum tentang
  penyakit menular | 
Mahasiswa mampu memahami
  Pengetahuan umum tentang penyakit menular | 
Jenis penyakit menular, Tindakan preventif terhadap
  penyakit menular, Pengobatan terhadap penyakit
  menular,
  Jenis penyakit tidak menular, Tindakan preventif terhadap
  penyakit tidak menular,
  Pengobatan terhadap penyakit tidak
  menular | 
Penyakit menular | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
7 | 
UTS | 
Materi
  sebelum UTS | 
Tes tertulis
  dan penugasan | 
2 x 50 | 
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:
  Dirjen Dikti | 
Tugas dan makalah | ||
| 
8 | 
Memahami tentang
  imunisasi | 
Mahasiswa
  mampu memahami Pengetahuan umum tentang
  imunisasi | 
Pengertian dan manfaat imunisasi, serta jenis imunisasi | 
Imunisasi
   | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
9 | 
Memahami
  tentang angka
  kecukupan gizi | 
Mahasiswa mampu memahami tentang
  angka kecukupan gizi | 
Pengetahuan umum gizi, Pengertian kebutuhan gizi, Pengertian makanan yang
  mengandung gizi, Pengertian
  kebutuhan kalori. | 
Kecukupan gizi | 
Presentasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Diskusi,
  keaktifan mahasiswa, dan tugas | 
| 
10 | 
Mempraktikkan
  kebugaran jasmani | 
Mahasiswa mampu mengaplikasikan kebugaran jasmani | 
Praktik kebugaran jasmani | 
Kebugaran jasmani | 
Demonstrasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Unjuk kerja | 
| 
11 | 
Mempraktikkan
  permainan
  olahraga | 
Mahasiswa
  mampu mengaplikasikan permainan kecil | 
Praktik Permainan
  bola kecil | 
Permainan
  olahraga | 
Demonstrasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Unjuk kerja | 
| 
12 | 
Mempraktikkan
  permainan
  olahraga | 
Mahasiswa
  mampu mengaplikasikan permainan besar | 
Praktik Permainan bola besar | 
Permainan
  olahraga | 
Demonstrasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Unjuk kerja | 
| 
13 | 
Mempraktikkan
  olahraga senam | 
Mahasiswa
  mampu mengaplikasikan senam | 
Praktik senam | 
Olahraga senam | 
Demonstrasi,
  ceramah, dan tanya jawab | 
2 x 50 | 
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka | 
Unjuk kerja  | 
| 
14 | 
UAS | 
Materi
  sebelum UAS | 
Tes tertulis
  dan penugasan | 
2 x 50 | 
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:
  Dirjen Dikti | 
Tugas dan makalah | ||
bit.ly/lagubyyoups bit.ly/blogbyyoups https://bit.ly/scholarbayups https://bit.ly/sintabayu bit.ly/facebookbyyoups
Wednesday, September 7, 2016
silabus PENJASORKES SD
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
 
No comments:
Post a Comment