Pertemuan
ke-
|
Kompetensi
dasar
|
Tujuan
|
Indikator
|
Materi
pokok
|
Metode
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu (JPL)
|
Sumber
Belajar
|
Evaluasi
|
1
|
Memahami dasar-dasar
pendidikan jasmani
|
Mahasiswa
mampu memahami pengetahuan umum pendidikan jasmani
|
·
Pengertian pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan
·
Tujuan pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan
·
Peranan pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan
|
Pendidikan jasmani
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
2
|
Memahami kebugaran jasmani
|
Mahasiswa
mampu memahami pengembangan kebugaran jasmani secara umum
|
Pengertian PKJ, tujuan dan manfaat PKJ, pengembangan
PKJ, serta unsur-unsur PKJ
|
Kebugaran jasmani
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
3
|
Memahami pengetahuan tentang Senam
|
Mahasiswa mampu memahami
pengatahuan umum tentang
Senam
|
Sejarah senam, Jenis-jenis
senam,dan pengembangan praktik senam
|
Senam
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
4
|
Memahami unsur permainan
olahraga
|
Mahasiswa
mampu memahami unsur permainan
dan pengembangannya
|
Pengertian dan manfaat permainan, permainan olahraga, permainan bola besar dan permainan bola kecil, serta penyusunan
permainan yang
sesuai dengan kelompok
usia
siswa SD
|
Permainan
olahraga
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
5
|
Memahami pengetahuan
tentang renang
|
Mahasiswa
mampu memahami pengetahuan
umum renang
|
Pengertian renang,
tujuan dan manfaat renang,
pengembangan
renang, serta unsur-unsur
renang
|
Renang
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
6
|
Memahami pengetahuan umum tentang
penyakit menular
|
Mahasiswa mampu memahami
Pengetahuan umum tentang penyakit menular
|
Jenis penyakit menular, Tindakan preventif terhadap
penyakit menular, Pengobatan terhadap penyakit
menular,
Jenis penyakit tidak menular, Tindakan preventif terhadap
penyakit tidak menular,
Pengobatan terhadap penyakit tidak
menular
|
Penyakit menular
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
7
|
UTS
|
Materi
sebelum UTS
|
Tes tertulis
dan penugasan
|
2 x 50
|
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:
Dirjen Dikti
|
Tugas dan makalah
|
||
8
|
Memahami tentang
imunisasi
|
Mahasiswa
mampu memahami Pengetahuan umum tentang
imunisasi
|
Pengertian dan manfaat imunisasi, serta jenis imunisasi
|
Imunisasi
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
9
|
Memahami
tentang angka
kecukupan gizi
|
Mahasiswa mampu memahami tentang
angka kecukupan gizi
|
Pengetahuan umum gizi, Pengertian kebutuhan gizi, Pengertian makanan yang
mengandung gizi, Pengertian
kebutuhan kalori.
|
Kecukupan gizi
|
Presentasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Diskusi,
keaktifan mahasiswa, dan tugas
|
10
|
Mempraktikkan
kebugaran jasmani
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan kebugaran jasmani
|
Praktik kebugaran jasmani
|
Kebugaran jasmani
|
Demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Unjuk kerja
|
11
|
Mempraktikkan
permainan
olahraga
|
Mahasiswa
mampu mengaplikasikan permainan kecil
|
Praktik Permainan
bola kecil
|
Permainan
olahraga
|
Demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Unjuk kerja
|
12
|
Mempraktikkan
permainan
olahraga
|
Mahasiswa
mampu mengaplikasikan permainan besar
|
Praktik Permainan bola besar
|
Permainan
olahraga
|
Demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Unjuk kerja
|
13
|
Mempraktikkan
olahraga senam
|
Mahasiswa
mampu mengaplikasikan senam
|
Praktik senam
|
Olahraga senam
|
Demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab
|
2 x 50
|
Buku Pintar Orkes. Solo: Aneka
|
Unjuk kerja
|
14
|
UAS
|
Materi
sebelum UAS
|
Tes tertulis
dan penugasan
|
2 x 50
|
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:
Dirjen Dikti
|
Tugas dan makalah
|
bit.ly/facebookbayups bit.ly/blogspotbayups bit.ly/scholarbayups bit.ly/youtubebayups
Wednesday, September 7, 2016
silabus PENJASORKES SD
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment